<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: Gemar Membaca Harus Dimulai Sejak Usia Dini

Tuesday, April 12, 2016

Gemar Membaca Harus Dimulai Sejak Usia Dini

Gemar Membaca Harus Dimulai Sejak Usia Dini.


Dunia Perpustakaan | Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), dalam waktu dekat akan membuka perpustakaan di UPT Pasar Induk Penajam.

Nantinya, perpustakaan itu akan digunakan bagi anak usia dini, baik anak pengunjung pasar maupun para pedagang.

Kepala Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, Ridwan Effendi menjelaskan, rencana pembukaan perpustakaan di UPT Pasar Induk Penajam untuk mendukung Kabupaten PPU menuju Kabupaten Layak Anak. Rencana ini juga melibatkan Kantor Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KB-PP).

Menurutnya, perpustakaan itu nanti lebih diperuntukkan bagi anak usia dini. Ia mengatakan, selama ini banyak masyarakat yang datang ke pasar membawa serta anak mereka, namun ikut berbelanja bersama orangtua mereka.

Sehingga bila nanti perpustakaan ini sudah beroperasi, maka orangtua yang datang ke pasar, bisa menitipkan anaknya di tempat tersebut sembari diberikan buku bacaan.

Bukan hanya itu, selama ini banyak pedagang yang memiliki anak kecil, namun hanya bermain- main di dekat tempat jualan orangtua mereka.

"Jadi nanti anak pedagang yang belum usia sekolah itu, bisa menghabiskan waktunya untuk membaca buku-buku di perpustakaan. Dari pada mereka hanya main di pasar, lebih baik mereka membaca buku. Pembukaan perpustakaan ini juga sebagai upaya agar gemar membaca itu sudah dimulai sejak usia dini," katanya.

Sebelumnya lanjutnya, pihaknya juga sudah mengoperasikan perpustakaan di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah, di Komplek Islamic Center. Bahkan perpustakaan tersebut sudah sering dikunjungi murid  mulai TK sampai SD.

Bahkan pihaknya juga sudah mensosialisasikan kepada sejumlah sekolah, agar bisa memprogramkan kunjungan perpustakaan.

Ia mengungkapkan, jumlah buku yang disiapkan di perpustakaan tersebut sudah mencapai 2.000 eksemplar dengan ratusan judul buku. Mulai buku pengetahuan umum sampai buku tentang cerita rakyat yang sangat disenangi para murid.

Dikutip dari tribunnews.com, [11/04/16]. Selain itu, Ridwan mengatakan, pihaknya juga sedang berusaha untuk mendapatkan bantuan mobil perpustakaan keliling dari Perpustakaan Nasional di Jakarta.

Bahkan usulan untuk mendapatkan bantuan kendaraan tersebut sudah diajukan, dan diharapkan PPU menjadi kabupaten yang diprioritaskan untuk mendapatkan mobil perpustakaan keliling tersebut. "Kami juga sudah meminta bantuan buku kepada Pemprov Kaltim, mudah-mudahan kami mendapat tambahan judul buku," harapnya.

Labels: