<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: Perlahan Beralih ke Perpustakaan Digital

Thursday, June 23, 2016

Perlahan Beralih ke Perpustakaan Digital

Perlahan Beralih ke Perpustakaan Digital.


Dunia Perpustakaan | Digital library  adalah perpustakaan yang mempunyai koleksi buku sebagian besar dalam bentuk format digital dan yang bisa diakses dengan komputer. Jenis perpustakaan ini berbeda dengan jenis perpustakaan konvensional yang berupa kumpulan buku tercetak, film mikro (microform dan microfiche), ataupun kumpulan kaset audio, video, dll.

Isi dari perpustakaan digital berada dalam suatu komputer server yang bisa ditempatkan secara lokal, maupun di lokasi yang jauh, namun dapat diakses dengan cepat dan mudah lewat jaringan komputer.

Tren membaca masyarakat mengalami penurunan. Mengakali kondisi tersebut, Unmul coba berinovasi. Sejak 2013, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Unmul telah mengautomasi puluhan ribuan buku.

“Ada lebih 42 ribu buku yang sudah terdata dalam situs tersebut. Selain itu, ada tujuh ribu referensi berjenis karya tulis ilmiah yang bisa diakses langsung lewat gadget apapun,” jelas Sularto, staf TI UPT Perpustakaan Unmul. Dia mengatakan, buku-buku tersebut sudah bisa diakses di situs http://perpustakaan.unmul.ac.id/ .

Sementara ini, data yang masuk di situs tersebut baru daftar nama dan resensi buku. Sedangkan untuk jurnal ilmiah, sudah bisa diakses penuh. Dia menjelaskan, program itu menyesuaikan perkembangan stok buku. Dari situ, mahasiswa juga mengetahui ketersediaan buku secara aktual.

Dikutip dari prokal.co, [23/06/16]. “Kami terkendala sumber daya manusia, di sini jumlah pustakawan hanya 13 orang. Idealnya memiliki minimal 30 pustakawan,” ujarnya.

Masih tergolong baru, lanjut Sularto, perpustakaan digital di Unmul masih campuran. Artinya, perpustakaan berawal dari perpustakaan tradisional, kemudian berkembang menggunakan jaringan komputer. Koleksi perpustakaan juga terbagi menjadi dua, sebagian sudah digital tapi koleksi fisik pun masih tersedia.

Labels: