<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: Rangsang Kreatifitas Anak dengan Membaca

Monday, August 22, 2016

Rangsang Kreatifitas Anak dengan Membaca

Dunia Perpustakaan | Semua orangtua, tentunya mengaharapkan anak dapat tumbuh cerdas dan kreatif. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan membudayakan membaca pada anak. Karena menurut saya sendiri, membaca merupakan senjata perang untuk melawan kebodohan.


Di era digital dan modernisasi seperti sekarang ini, semua dapat dimudahkan dengan adanya teknologi. Perkembangan teknologi tersebut dapat dikatakan semakin menenggelamkan budaya membaca pada anak-anak.

Dengan membaca, tingkat kecerdasan, kreatif, dan daya imajinasi anak-anak akan semakin terasah. Dengan demikian, orang tua yang menginginkan sang buah hati tumbuh pintar dan kreatif, biasakanlah budaya membaca pada anak sejak dini.


Kebiasaan tersebut dapat Anda mulai sejak anak masih bayi. Dilansir dari berbagai sumber [22/8/16], membacakan buku kepada bayi dapat membangun koneksi sel otak yang berharga dan terus bertahan di sepanjang hidupnya. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang dilakukan di University of Chicago.

Penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa anak-anak usia balita yang sering mendengar orangtua membacakan buku menjelang tidur, tumbuh dengan kemampuan baca yang baik saat mulai usia sekolah.

Mendengarkan orangtua membacakan buku cerita akan merangsang imajinasi kreatif anak mengenai tokoh-tokoh dalam dongeng, mengembangkan jalan cerita, dan menggambar. Dari hal itu, akan tercipta gagasan pada pemikiran anak bahwa buku merupakan sumber informasi.

Berikut beberapa ide untuk orangtua dalam mengembangkan minat baca dan daya kreativitas anak sedari kecil:
  1. Sering membaca buku depan anak agar mereka mencontoh kebiasaan baik ini hingga usia dewasa.
  2. Isi lemari buku anak dengan banyak bacaan bermutu.
  3. Kunjungi perpustakaan ataupun toko buku dengan anak di akhir pekan.
  4. Ciptakan sudut atau ruang membaca untuk anak agar mereka merasa nyaman sewaktu menikmati buku favorit.
  5. Biasakan sesi diskusi setelah membaca buku untuk membahas jalan cerita dan apa yang menjadi kesimpulan anak.

Labels: