<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: Perpustakaan Harus Jadi Gudang Informasi

Tuesday, May 24, 2016

Perpustakaan Harus Jadi Gudang Informasi

Perpustakaan Harus Jadi Gudang Informasi.


Dunia Perpustakaan | Perpustakaan adalah guru sepanjang hayat. Selain sebagai sarana pendidikan yang memiliki segudang ilmu untuk dipelajari, perpustakaan juga harus mampu mengfungsikan diri sebagai gudang informasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi (BPAD) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Drs Rudiansyah Iden saat menjadi pembicara dalam kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengelolaan Perpustakaan Umum, Senin (16/5).

Menurutnya, perpustakaan sebagai lembaga penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang signifikan terhadap lembaga pendidikan serta masyarakat penggunan buku, khususnya para pelajar yang membutuhkan reperensi dari buku.

Upaya menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas bisa melalui pendidikan formal dan nonformal atau wahana pendidikan sepanjang hayat seperti perpustakaan. SDM yang berkualitas haruslah menguasai ilmu, berwawasan luas, memiliki daya saing dan mempunyai jati diri yang kuat serta karakter yang baik.

“Perpustakaan menempati posisi yang lebih penting, karena tempat rekreasi yang konstruktif-edukatif selain di kelas. Karena itu, ruang perpustakaan adalah sarana prasarana yang sangat penting. Karena di sanalah para siswa dan siswi menimba ilmu dan mencari sumber ilmu yang belum diketahui sebelumnya,” ucapnya.

Dengan memaksimalkan peran perpustakaan, lanjutnya, diharapkan perpustakaan yang ada disekolah bisa menari atau mengajak siswa agar senantiasa terbiasa dengan aktifitas membaca, memahami pelajaran, mengerti maksud dari sebuah informasi dan ilmu pengetahuan, serta menghasilkan karya bermutu.

Dikutip dari tabengan.com, [05/16]. “Jadikanlah perpustakaan sebagai tempat belajar, karena di perpustakaanlah tempatnya buku-buku yang menyimpan berbagai catatan sebagai sumber ilmu dan menularkannya kepada peserta didik,” katanya.

Dalam membantu siswa untuk menghasilkan karya yang bermutu, perpustakaan tidak bisa bekerja sendiri. Dukungan sekolah, terutama melalui kebijakan pimpinan atau kepala sekolah dan guru-guru, akan memerlancar tugas/kebijakan yang akan dijalankan oleh pengelola perpustakaan sekolah.

Untuk mencapai tujuannya, perpustakaan sekolah perlu dikelola oleh pustakawan dengan tanggung jawab dan dedikasi yang tinggi terhadap layanan yang baik akan membuat para siswa betah dan nyaman belajar di perpustakaan.

Labels: