<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: Komunitas Kendal Membaca Gelar Lapak Baca Buku Gratis

Tuesday, September 20, 2016

Komunitas Kendal Membaca Gelar Lapak Baca Buku Gratis

Komunitas Kendal Membaca Gelar Lapak Baca Buku Gratis.


Dunia Perpustakaan | Masyarakat Kendal kini bisa membaca buku gratis saat berada di Taman Garuda. Lapak buku itu sendiri disediakan oleh Komunitas Kendal Membaca (KKM), dengan tujuan agar masyarakat yang datang ke taman bisa memanfaatkannya untuk membaca buku, sembari mengawasi anak-anak mereka saat bermain di taman.

Sampai saat ini, minat membaca di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan negara-negara lainnya di Eropa maupun Asia.

Buku bacaan di lapak baca ini memang belum disusun rapi seperti di meja maupun lemari. Buku-buku tersebut masih diletakan di gazebo Taman Garuda, dan mempersilahkan siapapun untuk membacanya tanpa dipungut biaya sepeserpun. Hanya saja, buku belum bisa dibawa pulang tetapi harus dibaca di lokasi Taman Garuda saja.

“Minimnya perpustakaan atau taman baca, membuat kami mencoba berbagi buku dengan membuka lapak baca di gazebo Taman Garuda. Niat kami hanya ingin memberikan sarana bagi warga untuk bisa menikmati berbagai macam buku dengan gratis,” ujar salah satu penggiat komunitas ini, Abdulrohman.

Menurut Abdulrohman, awalnya KKM hanya ajang kumpul-kumpul komunitas membaca saja, dengan kegiatan berbagi ilmu, buku, dan diskusi tentang literasi, tanpa melihat background anggota sebagai pustakawan ataupun bukan.

Dikutip dari radarpekalongan.com, [20/09/16]. “Buku yang ada di lapak baca gratis ini, hasil sumbangan anggota komunitas dan juga sumbangan dari sejumlah pihak,” ucapnya, yang dikenal dengan Maman.

Dikatakan, buku-buku yang ada di lapak baca gratis ini tidak hanya berupa buku cerita anak-anak saja, berbagai macam buku seperti komik, novel, hingga buku pelajaran, juga tersedia. Lapak tersebut baru digelar hanya untuk setiap Minggu pagi saja, mulai pukul 06.00 WIB hingga 10.00 WIB.

“Rencananya, lapak baca juga akan kami gelar di sejumlah taman yang ada di Kabupaten Kendal, agar bisa menumbuhkan minat baca dikalangan masyarakat, khususnya warga Kendal,” terangnya.

Diharapkan, lapak baca gratis ini bisa menumbuhkan minat baca dikalangan anak-anak dan warga pada umumnya. Lapak ini bisa juga dimanfaatkan untuk membantu pelajar maupun mahasiswa yang ingin mencari literasi buku.

“Tidak hanya itu, suasana taman yang rindang menjadikan suasana membaca menjadi nyaman,” kata seorang warga Kendal, Heri Susanto.

Labels: