<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: 5 Perpustakaan dengan Arsitektur Terindah di Dunia

Sunday, February 5, 2017

5 Perpustakaan dengan Arsitektur Terindah di Dunia


Dunia Perpustakaan | Salah satu fungsi perpustakaan yang jarang digarap dan dikembangkan di Indonesia yaitu terkait fungsi perpustakaan sebagai tempat rekreasi. Akibatnya, pembangunan perpustakaan dan fasilitas tidak mendukung untuk bisa dijadikan sarana rekreasi bagi masyarakat.

Dengan kondisi ini juga, maka persepsi masyarakat saat mendengar kata perpustakaan, pasti hanya mengingat bahwa datang ke perpustakaan itu tujuanya untuk belajar, membaca, dan sejenisnya, bukan untuk rekreasi.

[Baca juga: 6 Fungsi Perpustakaan yang Wajib Anda Tahu!]

Kondisi ini sangat berbeda sekali dengan melihat perpustakaan-perpustakaan di negara maju, dimana perpustakaan di bangun dengan sangat megah dan memiliki fasilitas-fasilitas yang mengagumkan, sehingga perpustakaan disana tidak hanya untuk belajar dan baca buku saja, melainkan juga sebagai tujuan rekreasi yang sangat menyenangkan.

Berikut ini kami akan tunjukan, betapa perpustakaan yang kami publikasikan ini benar-benar tidak hanya untuk tujuan belajar atau baca buku saja, melainkan sangat mengagumkan juga untuk dijadikan sebagai tempat tujuan rekreasi.

Deretan koleksi buku-buku lengkap, ditunjang dengan fasilitas yang nyaman akan membuat para ‘kutu buku’ betah berlama-lama di perpustakan-perpustakaan ini.

Ada sebuah ungkapan yang menyebutkan bahwa buku adalah jendela dunia. Tak heran jika banyak orang gemar menghabiskan waktu mereka untuk berkutat di perpustakaan.

Deretan koleksi buku-buku yang lengkap, ditunjang dengan fasilitas yang nyaman akan membuat para ‘kutu buku’ semakin betah berada seharian di perpustakan.

Seperti yang dikutip dari dream.co.id [19/01/16], Beberapa perpustakaan di bawah ini, selain memiliki daftar koleksi buku yang lengkap, bangunan perpustakan-perpustakaan ini didesain dengan eksterior yang bernilai seni tinggi sehingga menghasilkan arsitektur yang menakjubkan.

Dengan bentuk arsitektur yang menakjubkan itupula, perpustakaan-perpustakaan berikut ini menjadi tujuan rekreasi yang menyenangkan saat hari libur.

Berikut ini merupakan 5 Perpustakaan dengan Arsitektur Terindah di Dunia.

5 Perpustakaan dengan Arsitektur Terindah di Dunia

#1. Perpustakaan Umum Stockholm

gambar: amjourneys.com
Perpustakaan yang terletak di Swedia ini dirancang seorang arsitek bernama Gunnar Asplund.  Karya Asplund lainnya yang juga sangat terkenal yaitu bisokop Skandia dan pemakaman Woodland yang terdaftar sebagai warisan dunia UNESCO.

Perpustakaan ini memiliki aula utama berbentuk bulat. Serta memiliki buku dalam setiap bahasa Nordic. Sedangkan bagian atap dirancang menyerupai tekstur yang terlihat seperti awan.

#2. Perpustakaan Strahov Monastery

gambar: flickr

Bangunan ini terletak di Republik Ceko dan mulai dibangun pada tahun 1143.  Kemudian terjadi perang, kebakaran dan bencana lainnya yang membuat pembangunan perpustakaan tertunda. Hingga akhirnya diputuskan untuk melanjutkan pembangunan pada tahun 1679.

Fitur yang paling dikenal di perpustakaan ini adalah konstruksi langit-langit yang luar biasa. Seperti sebuah lukisan dinding yang menggabambarkan isi alkitab.  Lalu, terdapat kompilasi roda yang dapat mengubah dan memutar rak buku. Sehingga membuat buku-buku lebih mudah ditemukan tanpa harus mencari satu persatu di antara deretan buku-buku lainnya.

#3. Perpustakaan Los Angeles, California

gambar: flickr

Perpustakaan ini adalah milik masyarakat Los Angeles, California. Perpustakaan ini merupakan salah satu bangunan paling penting di pusat kota Los Angeles.  Bagian luar perpustakaan ini adalah contoh desain Art Deco. Sedangkan bagian dalam adalah rotunda elegan dengan lampu-lampu perunggu yang tergantung di tengah.

Sedangkan bagian tangga digunakan untuk mengecek kartu katalog (tapi sekarang telah berubah dengan layanan digital). Kemudian dilengkapi pula dengan dekorasi yang menggambarkan saat-saat penting dalam sejarah California.

#4. Perpustakaan dan Rumah Budaya Vannesla

gambar: flickr.com

Perpustakaan ini terletak di bagian ujung selatan Norwegia. Tak sekadar memiliki koleksi buku yang lengkap, perpustakaan ini juga merangkap sebagai pusat budaya dan tempat pertemuan di kota Vannesla.

Perpustakaan ini dilengkapi dengan kedai kopi, ruang pertemuan terbuka, ruang kelas untuk kursus pendidikan orang dewasa, dan bioskop.  Sedangkan pada bagian dalam terdapat balok kayu panjang dan tipis yang dirancang seperti ikan paus.

#5. Perpustakaan Adelaide, Australia

gambar: flickr.com

Perpustakaan ini adalah bentuk bangunan yang sangat kontras. Dari bagian luar, terlihat seperti kotak kaca ultra modern, tetapi di dalam bangunan tampak seperti desain perpustakaan bak di film Harry Potter.

Perpustakaan ini memberi penekanan khusus pada sejarah Australia. Sedangkan pada aspek moderinisasi, perpustakaan ini mempertahankan account Flickr. Dimana orang dapat mengirimkan gambar mereka sendiri sebagai gambaran kehidupan orang Australia Selatan.

Semoga saja kedepan semakin banyak perpustakaan di Indonesia dibangun dengan konsep yang tidak hanya untuk tujuan belajar dan membaca buku saja, melainkan juga dibangun dengan fasilitas yang baik sehingga layak dijadikan tujuan rekreasi untuk masyarakat.

Labels: ,