<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: Peringati Hari Buku Nasional, Ratusan Siswa SMP 12 Muhammadiyah Gresik Baca Buku Massal

Tuesday, May 17, 2016

Peringati Hari Buku Nasional, Ratusan Siswa SMP 12 Muhammadiyah Gresik Baca Buku Massal

Peringati Hari Buku Nasional, Ratusan Siswa SMP 12 Muhammadiyah Gresik Baca Buku Massal.


Dunia Perpustakaan | Ratusan siswa SMP 12 Muhammadiyah Gresik memperingati Hari Buku Nasional yang jatuh pada 17 Mei 2016, dengan membaca buku beramai-ramai di halaman sekolah, Senin (16/5).

Kendati agenda ini baru pertama digelar, namun mereka seakan larut dalam alur cerita buku yang masing-masing dibawa dari rumah kendati waktunya hanya dibatasi 15 menit.

“Ini hanya peringatan serta ajakan kepada masyarakat untuk mencintai kegiatan membaca,” kata Kepala SMP 12 Muhammadiyah GKB, Hari Widianto, penanggung jawab acara yang dikemas dengan label ''Lautan Buku''.



Hari buku Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan dan melestarikan budaya membaca buku, karena dengan terciptanya budaya membaca yang baik dan teratur maka ilmu pengetahuan akan semakin bertambah.



Dikutip dari beritametro.com, [1 7/05/16]. Rihanna salah satu siswa yang ikut acara, menilai realitas Indonesia saat ini masih minim minat membaca. “Anak-anak Indonesia kini lebih gemar menghabiskan waktunya dengan smartphone dan gadget-nya ketimbang membaca buku. Fenomema ini memang terjadi di sekitar kita,” terangnya.



“Bahkan tak jarang, adik-adik yang masih SD lebih senang menghabiskan waktunya untuk Instagram-an, Facebook-an, atau menonton Youtube, update status, mention, retweet dan lain-lain,” sindir Duta Baca Kabupaten Gresik tersebut.



Rihanna menambahkan bahwa budaya pop yang telah menggurita ini membuat banyak kalangan muda menjadi malas untuk membaca buku. Ironisnya, perpustakaan yang seharusnya digunakan para siswa untuk mencari buku-buku referensi justru sangat jarang sekali dikunjungi.



Mereka lebih senang main gadget atau nongkrong bersama teman-temannya. Sedikit sekali yang menghabiskan sebagian waktunya untuk membaca lembaran-lembaran tulisan yang penuh dengan ilmu pengetahuan tersebut.



“Padahal dengan membaca buku akan banyak informasi yang bisa didapatkan dan lebih komprehensif. Melalui hari buku Nasional ini, mari kita kembali melestarikan budaya membaca buku. Bersama-sama kita kembalikan budaya membaca di lingkungan sekitar kita,” pungkasnya.

Labels: