<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: Keren! 5 Truk Perpustakaan Keliling ini Siap Layani Kalimantan Selatan

Monday, January 28, 2019

Keren! 5 Truk Perpustakaan Keliling ini Siap Layani Kalimantan Selatan

Dunia Perpustakaan | Perpustakaan Truk | Selama ini perpustakaan keliling di Indonesia lebih banyak dengan menggunakan mobil biasa yang di ubah menjadi perpustakaan keliling.

Dalam perkembanganya, sekarang sudah bermunculan adanya perpustakaan keliling dengan menggunakan motor, becak, andong, bahkan ada juga yang menjadikan kudanya sebagai alat untuk sebarkan budaya baca.

gambar: banjarmasinpost.co.id/salma
Di Kalimantan Selatan, baru-baru ini juga melaunching fasilitas Mobil Perpustakaan Keliling. Yang menarik, perpustakaan keliling ini tidak menggunakan mobil sebagaimana biasanya, melainkan justru menggunakan truk.

Dikutip dari banjarmasinpost.co.id (28/1/2019), Tidak tanggung-tanggung, Pemprov Kalsel menyediakan lima unit truk perpustakaan untuk Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kalsel.

Truk ini didesain secara terkini dengan mengedepankan teknologi sesuai zaman milenial. Jika dibuka sayap kiri dan kanan, maka bagian bawahnya bisa berfungsi sebagai meja baca. Kursinya wana-warni. Mirip cafe mobil.

Tidak cuma buku, tapi adapula perangkat multimedia yang terdiri TV, OHP, Wifi, komputer. Juga ada genset untuk suplai listrik.

Kepala Dispersip Kalsel, Hj Nurliani Dardie, mengatakan, tinggal mengisi truk perpustakaan tersebut dengan aneka bahan bacaan.

"Tahun ini sudah dianggarkan pembelian buku sebanyak 4.000 eksemplar dengan dana kurang lebih Rp190 juta yang sebenarnya jauh lebih dari cukup untuk mengisi 5 truk perpustakaan," jelasnya.

Begitu pula biaya operasional termasuk BBM dan lainnya juga dirasa kurang, karena hanya cukup sampai beberapa bulan ke depan.

Meski demikian, lanjutnya, masih ada waktu untuk menyesuaikan di APBD perubahan.

"Tapi pastinya, pengadaan truk ini sebagai keseriusan Pemprov Kalsel dalam mewujudkan visi misi Kalsel cerdas," tandasnya.

Labels: