<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: Jadilah Kepala Sekolah yang Peduli Nasib Perpustakaan Sekolah dan Pustakawan

Monday, August 13, 2018

Jadilah Kepala Sekolah yang Peduli Nasib Perpustakaan Sekolah dan Pustakawan

Dunia Perpustakaan | Kalau secara teori, semua orang pasti sepakat bahwa perpustakaan sekolah itu adalah jantung dari sebuah sekolah. Hal tersebut dikarenakan perpustakaan sekolah yang dikelola dengan baik akan mampu meningkatkan mutu dan mendukung kwalitas SDM dari para siswa dan guru juga karyawan di sekolah tersebut.

Namun sayangnya, teori tersebut tak seindah dengan realita di lapangan.

Kami sudah berkali-kali berinteraksi dengan pustakawan maupun guru yang merangkap untuk mengurusi soal perpustakaan sekolah. Mereka selalu sering mengeluhkan atas kondisi perpustakaan sekolah mereka.

Walaupun akhir-akhir ini kami bersyukur karena semakin sering bertemu dengan kepala sekolah yang mereka sangat peduli memajukan perpustakaan sekolah juga sangat menghargai profesi para pustakawan/pengelola perpustakaan di sekolah mereka.

Namun tetap saja, kalau dihitung jumlahnya masih jauh lebih banyak kepala sekolah yang belum peduli akan keberadaan perpustakaan di sekolah mereka.

(Baca juga: Nasib Pustakawan Swasta dan Pustakawan PNS serta Dinamika Perpustakaan di Sekitar Kita)

Kami sendiri sudah berkali-kali dihubungi pengelola perpustakaan sekolah yang selalu berkeluh kesah atas nasib perpustakaan mereka yang kurang terurus.

Diantara curhatan tersebut mulai dari minimnya anggaran, minimnya gaji pustakawan, minimnya fasilitas perpustakaan, minimnya koleksi buku, rusaknya rak buku dan meja kursi baca, dan lain-lainya.

Jika kebetulan saja anda kepala sekolah yang sedang membaca tulisan ini, dan mungkin anda memiliki berjuta alasan untuk melakukan pembelaan atas ketidakmampuan anda dalam mengelola perpustakaan sekolah yang ada di sekolah anda, kami sarankan berhentilah membuat berjuta alasan tersebut.
Tidakkah kalian wahai para kepala sekolah diingat oleh siswa dan guru sebagai kepala sekolah yang peduli dengan perpustakaan sekolah anda? Atau justru anda ingin dikenang sebagai Kepala Sekolah yang sangat tidak peduli dengan perpustakaan Sekolaha Anda? | gambar: kingdown.wilts.sch.uk

Hal itu karena semakin anda mencari-cari dalih dan pembenaran atas masalah ketidakmampuan anda mengelola dan memajukan perpustakaan anda, maka dipastikan itu akan menjadikan anda semakin tidak mau mengurusi kondisi perpustakaan sekolaha nda.

Padahal solusinya sudah sangat banyak.

Jika anda ingin tahu bagaimana supaya bisa menjadi kepala sekolah yang bisa memajukan perpustakaan sekolah di sekolah anda, maka belajarlah dan terus belajar kepada kepala-kepala sekolah di Indonesia yang sudah semakin banyak yang bisa dan mampu memajukan perpustakaan sekolah mereka.

Hampir setiap tahun selalu ada lomba-lomba perpustakaan sekolah, mulai dari tingkat kota/kabupaen, propinsi, hingga nasional. Jika memang anda serius ingin memajukan perpustakaan sekolah anda, belajar dan teruuuuslah belajar kepada mereka agar bisa terus lebih baik.

Jika kalian beranggapan bahwa masalah ada pendanaan, carilah tahu kepada kepala sekolah yang sudah lebih dahulu mampu memajukan perpustakaan sekolah mereka, bagaimana mereka bisa memperoleh dana untuk memajukan perpustakaan sekolah mereka, begitu seterusnya.

Pada akhirnya, semua sangat ditentukan akan NIAT atau TIDAKNYA kepala sekolah untuk MAU dan MAU untuk memperjuangkan perbaikan perpustakaan di sekolah mereka.

Jika kepala sekolah MAU dan NIAT untuk memajukan perpustakaan sekolah, apapun dan bagaimanapun caranya, pasti akan ada jalan untuk bisa memajukan perpustakaan sekolah mereka.

Namun kalau sudah tidak ada niat, maka akan ada BERJUTA ALASAN untuk tidak akan pernah peduli dan memajukan perpustakaan di sekolah mereka.

Jadilah Kepala Sekolah yang akan dikenang kebaikan anda saat menjabat kepala sekolah karena peduli memajukan perpustakaan sekolah di sekolah anda, daripada akan diingat menjadi kepala sekolah yang sangat tidak peduli dengan nasib perpustakaan dan pustakawan di sekolah yang anda pimpin.

Pilihan anda pada tindak-tanduk dan kebijakan anda, wahai Kepala Sekolah!

Labels: ,