<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: 15 Perpustakaan dengan Koleksi Terbanyak di Dunia (1)

Tuesday, March 19, 2019

15 Perpustakaan dengan Koleksi Terbanyak di Dunia (1)

Dunia Perpustakaan | Kami selalu menekankan dan ingin memastikan bahwa negara-negara yang besar dan maju, selalu dan selalu didalamnya ada peran pemerintah yang sangat support serta mengedepankan keberadaan perpustakaan, yang didukung tingginya minat baca masyarakat di negara-negara maju tersebut.

Fakta-fakta ini juga yang akan anda lihat dan temukan dalam tulisan ini, dimana negara-negara maju dipastikan selalu memiliki perpustakaan yang luar biasa keren, termasuk memiliki perpustakaan dengan koleksi terbanyak di dunia.

Bahkan nanti anda akan melihat bahwa negara besar seperti Amerika Serikat bisa sebesar seperti sekarang ini karena faktanya negara AS ditopang dan memiliki dua perpustakaan yang masuk 3 besar (1 dan 3) Perpustakaan dengan koleksi terbanyak di dunia.

Karena ada total 15 perpustakaan dengan koleksi terbanyak di dunia, agar tulisan tidak terlalu panjang akan kami bagi menjadi 3 bagian (1, 2, dan 3), dimana masing-masing bagian kami ulas 5 perpustakaan dengan koleksi terbanyak di dunia.

Berikut ini 15 Perpustakaan dengan Koleksi Terbanyak di Dunia bagian pertama yang kami sertakan anggaran tiap tahunya, dikutip dari rankred.com.


#1. Library of Congress | Amerika Serikat

Library of Congress tak hanya terbesar di Amerika Serikat saja tapi merupakan perpustakaan terbesar sekaligus memiliki koleksi buku terbanyak di dunia. Library of Congress memiliki koleksi buku dalam 450 bahasa dari penjuru dunia.

Dalam website resminya, disebutkan jika ada sekitar dua pertiga dari total buku yang diperoleh di setiap tahunnya menggunakan bahasa asing (non Inggris).

Karena ukuranya yang besar, Perpustakaan Library of Congress hingga akhir 2018 sudah memiliki koleksi 38 juta bahan cetak, sekitar 3,6 juta rekaman suara, 14 juta lebih dalam koleksi gambar, 70 juta naskah langka, serta memiliki koleksi 5,5 juta peta.

Koleksi : Lebih 164 juta 

Anggaran Tahunan : USD642,4 juta


#2. British Library | Inggris

British Library merupakan perpustakaan terbesar di Inggris, dan terbesar kedua di dunia setelah Library of Congress di Amerika Serikat. Lokasinya yang strategis di wilayah Euston Road, London ini disebut juga sebagai salah satu perpustakaan riset utama di dunia yang sudah berdiri sejak 1973.
British Library sendiri memiliki koleksi-koleksi bersejarah terpenting perpustakaan, termasuk diantaranya memiliki banyak naskah langka Sir Hans Sloane dan Robert Jarley, yang itu sekaligus juga termasuk King's Library (koleksi-koleksi buku yang dikumpulkan King George III) dan Old Royal Library.

Perpustakaan ini juga memiliki koleksi online yang sangat lengkap. Anda bisa melihat koleksi-koleksi Galeri gambar online hingga ke lebih dari 30.000 gambar dari buku-buku kuno dan abad pertengahan, termasuk diantaranya fasilitas khusus "putar halaman virtual" dari beberapa buku dan dokumen terkenal seperti notebook Leonardo da Vinci.

Koleksi : Lebih dari 150 juta

Anggaran Tahunan : 141 juta Poundsterling


#3. New York Public Library | Amerika Serikat

Jangan heran jika Amerika Serikat menjadi negara besar dengan berbagai kemajuanya. Salah satu rahasianya karena negara tersebut ditopang perpustakaan di setiap daerahnya, dan memiliki 2 perpustakaan terbesar di dunia.

New York Public Library masuk sebagai perpustakaan terbesar ketiga di dunia dan terbesar kedua di Amerika Serikat.

New York Public Library memiliki bangunan yang megah dan sangat nyaman, sehingga tidak heran jika New York Public Library ini dikunjungi lebih dari 18 juta orang pengunjung setiap tahunnya sekaligus menjadikanya perpustakaan paling banyak dikunjungi di dunia.

New York Public Library memiliki 87 cabang yang tersebar di seluruh kota. Lokasinya tersebar dengan titik lokasi 39 di Manhattan, 35 di Bronx dan sisanya di Staten Island.

Koleksi Digital di perpustakaan New York Public Library berisi lebih dari 700.000 gambar dari berbagai koleksi perpustakaan. Pada tahun 2006, situs web ini terdaftar sebagai salah satu dari 50 Situs Website Paling Keren 2005 oleh Time Magazine.

Koleksi : 55 juta

Anggaran Tahunan : USD250 juta


4. Library and Archives Canada | Kanada

Library and Archives Canada (LAC) hingga akhir tahun 2018 terhitung sudah menampung lebih dari 20 juta buku, diantaranya ada 24 juta koleksi gambar dan memiliki data digital lebih dari 1.000 terabyte. Sebagian besar data online yang tersedia adalah tesis doktoral, buku-buku populer dan barang rapuh dan rentan. Beberapa dokumen penting dalam penyimpanan data online perpustakaan adalah proklamasi Undang-Undang Konstitusi Kanada dan Undang-Undang Amerika Utara Inggris.

Koleksi : 54 juta

Anggaran Tahunan : 116,9 juta dollar Kanada


5. Russian State Library | Rusia

Perpustakaan Negara Rusia di Moskow adalah yang terbesar di negara ini. Didirikan pada 1 Juli 1862, Russian State Library merupakan perpustakaan tertua di Moskow. Perpustakaan menampung 44 juta item yang menakjubkan.

Koleksinya sendiri terdiri dari 17 juta koleksi buku, 13 juta jurnal, dan memiliki koleksi dokumen yang terdiri dari 247 bahasa yang berbeda.

Koleksi : 44 juta

Anggaran Tahunan : 1,6 miliar Rubel

bersambung .....

Labels: