<data:blog.pageTitle/>

This Page

has moved to a new address:

http://duniaperpustakaan.com

Sorry for the inconvenience…

Redirection provided by Blogger to WordPress Migration Service
Dunia Perpustakaan | Informasi Lengkap Seputar Dunia Perpustakaan: Profil Perpustakaan Universitas Hasanuddin

Thursday, June 30, 2016

Profil Perpustakaan Universitas Hasanuddin

Profil Perpustakaan Universitas Hasanuddin.


Dunia Perpustakaan | Universitas Hasanuddin (Unhas), adalah perguruan tinggi negeri di Makassar, Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 11 Juni 1956. Perguruan tinggi ini semula merupakan pengembangan dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia ketika Bung Hatta masih menjadi Wakil Presiden. Kampus Unhas semula dibangun di Baraya atau Kampus Baraya.

Namun, awal tahun 1980-an, ketika Rektor dijabat Prof. Dr. Ahmad Amiruddin, Kampus Unhas dipindahkan ke Tamalanrea, karena Kampus Baraya sudah berada di tengah kota.

Kini Kampus Unhas menempati areal seluas 220 hektare di Tamalanrea dengan berbagai fasilitas.Sejak akhir tahun 2006 Fakultas di Universitas hasanuddin bertambah 1 yang merupakan pemekaran dari Fakultas Pertanian dan Kehutanan yaitu Fakultas Kehutanan.

Saat ini telah dikembangkan kampus baru UNHAS yang dikhususkan untuk Fakultas Teknik yang terletak di bekas pabrik kertas Gowa di kabupaten Gowa. Kampus baru ini mulai dipergunakan sejak tahun 2006 walaupun masih dalam tahap renovasi dan pembangunan gedung dan pengadaan fasilitas.

Sejarah Singkat


Perpustakaan Universitas Hasanuddin mulai dibentuk sebagai suatu Perpustakaan Fakultas di bawah naungan Fakultas Ekonomi dan Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (yang pertama dibuka 3 Juli 1947 dan yang kedua dibuka 4 Oktober 1953). Kedua Fakultas tersebut merupakan cabang dari Universitas Indonesia. Ketika Fakultas Kedokteran Makassar dibuka 28 Januari 1956, maka ketiga fakultas ini akhirnya menjadi embrio Universitas Hasanuddin.

Terbitnya PP No. 23 Tahun 1956 tanggal 10 September 1956 menjadi tonggak sejarah berdirinya Universitas Hasanuddin dan membawa pengaruh kepada status pengelolaan Perpustakaan yang sebelumnya dikelola Fakultas menjadi di bawah pengelolaan Universitas Hasanuddin. Hal ini dilakukan sebagai realisasi Keputusan Rektor UNHAS (ketika itu disebut Presiden) No. 619/UP-UH/60 tgl. 13 April 1960 dan dengan dasar itu diangkat Direktur Perpustakaan yang pertama yaitu Drs. Miendrowo Prawirodjumeno.

Nama resmi Perpustakaan adalah Perpustakaan Pusat. Nama ini berlaku hingga dikeuarkannya Keputusan Mendikbud R.I. No. 0154/G/1983 yang mengubahnya menjadi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Hasanuddin.

GEDUNG PERPUSTAKAAN

Gedung UPT Perpustakaan berada ditengah-tengah kampus Tamalanrea berdampingan dengan gedung Rektorat Universitas Hasanuddin. Gedung terdiri atas 4 lantai dengan luas seluruhnya 14.420 m2 namun sesuai sumber daya yang ada, ruang yang terpakai hanya sekitar 8.825 m2 Lantai 1 dimanfaatkan oleh Bagian Pendidikan, Bagian Kemahasiswaan, Bimbingan/Konseling Unhas dan sebagian oleh berbagai unit pelayanan umum, seperti Kantor Pos, BRI, Koperasi Mahasiswa, Koperasi Unhas, Toko Buku, dan berbagai aktivitas umum lainnya.

Gedung Perpustakaan Unhas Tampak Dari Luar

KOLEKSI

Besarnya koleksi UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin saat ini tidak kurang dari 516.000 volume, yang meliputi bahan buku, skripsi, tesis, disertasi, laporan penelitian, majalah, publikasi elektronik dan bahan AV. Penataan koleksi dirancang sedemikian rupa agar mudah diakses langsung oleh pemakai. Dengan dasar pemikiran ini koleksi dibagi berdasarkan pertimbangan pemanfaatan dan kepentingan pemakai sbb:

  1. Koleksi Umum

  2. Koleksi Referensi

  3. Koleksi Cadangan

  4. Koleksi Karya Ilmiah Unhas dan Majalah

  5. Koleksi Sulawesiana

  6. Koleksi Terbitan Lembaga Asing

  7. Koleksi Ilmu Kelautan

  8. Koleksi Kajian Wanita

  9. Koleksi Kajian Pasifik

  10. Koleksi Kajian Amerika

  11. Koleksi AV.


Normal 0 false false false MicrosoftInternetExplorer4

Layanan Sirkulasi

JAM PELAYANAN

Senin-Kamis 08.00-16.00 WITA

Jumat 09.00-16.00 WITA

JENIS PELAYANAN



  1. Pelayanan Bahan Pustaka


Perpustakaan menyediakan bahan pustaka untuk dibaca diruang baca perpustakaan atau dippinjam ke rumah. Akan tetapi untuk meminjam dan dibawa pulang hanya diperkenankan bagi anggota civitas akademika yang telah terdaftar sebagai anggota perpustakaan.

  1. Pelayanan Penelusuran Informasi


Pelayanan penelusuran informasi dilakukan untuk memenuhi kebutuhan pengguna terhadap bahan informasi yang tidak dikoleksi oleh Perpustakaan Unhas. Pustakawan berusaha mencari bahan/dokumen ke berbagai Pusdokinfo baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hanya saja pengguna perlu bersabar dan menyediakan dana untuk pengiriman dan penelusuran bahan yang dimaksud.

  1. Pelayanan CD-ROM


UPT Perpustakaan memiliki sejumlah pangkalan data dalam bentuk CD-Rom. Pangkalan data dimaksud berbentuk bibliografi dan sebagian berbentuk fulltext.

  1. Pelayanan Internet


Pelayanan Internet UPT Perpustakaan dimaksudkan untuk memfasilitasi pengguna informasi mengakses informasi secara global. Disediakan 3 terminal komputer untuk pengguna. Pemakai diminta kontribusi biaya operasional dan pemeliharaan sarana ini.

  1. Pelayanan Fotokopi


Bagi pengguna yang tidak ingin membawa buku pulang, disediakan fasilitas fotokopi. Fasilitas ini juga disediakan bagi pengunjung yang tidak diberi hak untuk meminjam dan bagi bahan referensi.

  1. Pelayanan Konsultasi


Pelayanan konsultasi ini diberikan bagi masysarakat umum atau pengelola perpustakaan yang berkepentingan dengan masalah-masalah kepustakawanan atau ingin mengembangkan perpustakaan.

  1. Pelayanan Magang


UPT Perpustakaan membuka kesempatan bagi tenaga/staf dari instansi dan organisasi yang ingin mendapatkan keterampilan teknis dalam pengelolaan perpustakaan (dalam bentuk magang).

  1. Pelayanan Pelatihan dan Pendidikan


UPT Perpustakaan melayani permintaan tenaga pengajar atau instruktur bagi lembaga atau organisasi yang ingin melakukan penataran atau sejenisnya di bidang perpustakaan, dokumentasi dan informasi.

Hal-hal yang perlu Anda ketahui bila berada di perpustakaan



  1. Menitip Tas dan Jaket


Tas, jaket, Kantong plastik, folder, dan sebagainya supaya dititipkan di loket penitipan barang. Barang-barang penting/berharga berupa uang, emas, handphone agar dibawa serta masuk ke Perpustakaan, karena kehilangan barang-barang Anda tidak ditanggung oleh Perpustakaan (kecuali kalau kehilangan itu diakibatkan oleh kelalaian petugas).

  1. Mencari Buku


Sebelum mencari buku di rak sebaiknya Saudara memanfaatkan lebih dahulu Katalog Kartu atau Katalog Komputer yang telah disediakan. Perhatikan petunjuk yang ada.

  1. Membaca Buku


Mungkin Saudara datang ke Perpustakaan hanya untuk mengisi waktu luang dengan membaca, Anda dapat langsung mengambil buku di rak sesuai selera, dengan catatan tidak boleh lebih dari 3 eksamplar, dengan menitipkan kartu Mahasiswa/Identitas lain yang masih berlaku agar mendapat izin dari petugas.

  1. Pendaftaran Anggota Perpustakaan


Untuk mendaftar sebagai anggota peminjaman dibutuhkan:

  • Fotokopi Kartu Mahasiswa
    •  Foto Warna 2 x 3 Cm. (1 lbr.)
    •  Mengisi formulir pendaftaran
    •  Biaya administrasi Rp. 10.000,-



  1. Meminjam Buku


Pada dasarnya semua koleksi dapat dimanfaatkan di Perpustakaan. Namun koleksi yang dapat dipinjamkan pulang adalah koleksi umum. Peminjaman koleksi hanya berlaku bagi anggota yang telah terdaftar sebagai peminjam dan tidak dapat diwakili.

Pinjaman dibatasi sampai 3 eksamlar bagi mahasiswa dan 5 eksamplar bagi dosen selama 14 hari kerja dan dapat diperpanjang bila tidak ada pemakai lain yang memesannya. Bawalah buku yang Saudara ingin pinjam ke meja peminjaman dan tunjukkan kartu anggota Saudara yang tertera di kartu anggota. Serahkan ke petugas untuk diproses. Tunjukkan buku yang Saudara pinjam ke petugas jaga untuk mengecek keabsahan transaksi peminjaman Saudara saat Saudara keluar dari Perpustakaan.

  1. Mengembalikan Buku


Kembalikanlah buku yang Saudara pinjam sesuai tanggal harus kembali yang tertera pada lembar tanggal pengembalian. Pengembalian buku dapat diwakili. Pengembalian buku yang melewati batas waktu yang telah ditentukan dikenakan denda Rp.200/hari/buku.

  1. Hal-hal yang perlu diperhatikan

  2. Memelihara bahan bacaan yang dipinjam

  3. Menjaga ketentraman dan tidak mengganggu pembaca lain di Perpustakaan

  4. Mengembalikan semuia bahan pustaka tepat pada waktunya

  5. Memiliki keterangan bebas pinjam sebelum menyelesaikan studi di Unhas

  6. Memeriksa diri pada saat akan meninggalkan Perpustakaan

  7. Memelihara kebersihan ruang baca

  8. Tidak mengembalikan buku sendiri ke rak karena akan mengacaukan susunan lokasibuku

  9. Tidak memakai jaket/rompi masuk ke Perpustakaan

  10. Tidak merokok di ruang baca

  11. Berpakaian rapi dan sopan

  12. Sanksi-sanksi


Untuk menjaga ketertiban dan keamanan serta kenyamanan Anda dalam memanfaatkan Perpustakaan maka perlu dukungan dari semua pihak tanpa kecuali.

Pemakai yang sengaja maupun tidak sengaja merusak/menghilangkan, mencuri sebahagian ataupun seluruhnya bahan bacaan dikenakan sanksi-sanksi (SK Rektor No. 811/J04/KP.36/1999 Bab VII) sbb:

  • Mengganti bahan bacaan dan membayar denda serta ongkos administrasi sekurang-kurangnya 5 kali dari harga buku.(Pasal 16)
    •  Diskors dari kegiatan akademik selama 1 semester. (Pasal 17)
    •  Secara otomatis dibatalkan keanggotaannya dan tidak diperkenankan memanfaatkan perpustakaan selama waktu yang telah ditentukan.


Visi, Misi & Tujuan


VISI

UPT Perpustakaan Universitas Hasanuddin adalah parner strategic Universitas Hasanuddin dalam rangka mewujudkan masyarakat ilmuan yang cerdas, terampil dan berkeperibadian luhur melalui ketersediaan informasi dan sarana pendukung akses informasi berbasis teknologi.

Misi

1. Mendukung terwujudnya visi Universitas Hasanuddin menjadi universitas kelas dunia berbasis dunia maritim

2. Menjadi pusat informasi ilmiah bagi civitas akademik Universitas Hasanuddin, dan masyarakat pada umumnya

3. Mengadakan, mengelola dan menyediakan sumber-sumber informasi terkait dengan bidang-bidang studi yang ada di universitas, berupa bahan cetak dan non cetak yang berkualitas standar untuk mendukung proses pembelajaran di universitas.

4. Menyediakan sarana dan prasarana yang berkualitas standar untuk akses informasi seluas-luasnya untuk mendukung terselenggaranya tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat) dengan sebaik-baiknya.

Tujuan

1. Mendukung kurikulum Unhas dengan menyediakan berbagai sumber informasi yang terbaru yang berorientasi pada kebutuhan pemakai dengan memperhitungkan segi kualitas dan kuantitas guna mendukung terwjudnya visi Universitas Hasanuddin menjadi Universitas Kelas Dunia berbasis dunia maritim.

2. Menjalin kerjasama antar perpustakaan ruang baca dalam penyediaan berbagaii sumber informasi untuk memperkuat koleksi perpustakaan Universitas Hasanuddin sebagai pusat informasi ilmiah bagi civitas akademik.

3. Mengembangkan dan berpartiisipasi secara aktif dalam jaingan kerjasama dengan perpustakaan Universitas lain, lembaga dan pusat dokumnetasi baik lokal, nasionall maupun internasional.

4. Mengembangkan efisiensi sistem kerja operasional perpustakaan berupa digitasi pengelolaan dan pemeliharaan data berbasis Teknologi Informasi seperti akuisisi koleksi , sirkulasi, referensi dan repositori.

5. Mengembangkan efisiensi sistem temu balik kembali informasi berupa data bibliografi, fulltext dan metadata yang berbasis Teknologi Informasi.

Labels: ,